Mudah Lelah? Ternyata Ini Penyebabnya

Akhir-akhir ini sering merasa lelah tanpa tahu sebabnya? Kekurangan tidur bukan satu-satunya hal yang menguras energi kamu. Hal-hal kecil yang kamu lakukan dan tidak lakukan bisa membuat kamu lelah secara mental dan fisik. Ada beberapa kebiasaan buruk yang ternyata membuat kamu cepat merasa lelah. Apa saja kebiasaan-kebiasaan itu? Simak di bawah ini.

 

Kurang minum air

Kekurangan cairan meskipun hanya 2% sangat mempengaruhi tingkat energi. Dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah yang membuat darah lebih tebal. Hal ini akan membuat jantung memompa dengan tidak efisien dengan cara mengurangi kecepatan saat oksigen dan nutrisi mencapai otot dan organ.

 

Kurang asupan zat besi

Kekurangan zat besi dapat membuat kamu lesu, mudah marah, dan kurang fokus. Kenapa membuat lelah? Karena kurangnya oksigen yang mengarah ke otot dan sel-sel. Meningkatkan asupan zat besi juga diperlukan untuk mengurangi resiko anemia. Zat besi dapat ditemukan dalam kacang merah, tahu, telur, sayuran berdaun hijau tua, dan kacang-kacangan. Ketika mengonsumsi zat besi, baiknya dipasangkan dengan olahan yang mengandung vitamin C karena vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi bila dimakan bersamaan. Vitamin C yang terkandung dalam buah seperti jeruk juga baik sekali untuk kamu yang kelelahan atau kurang fit ketika sahur dan berbuka.

 

Melewatkan sarapan

Makanan adalah bahan bakar tubuh kamu. Ketika kamu tidur, tubuh terus menggunakan apa yang kamu konsumsi saat makan malam malam sebelumnya untuk terus memompa darah dan mengalirkan oksigen. Jadi, ketika bangun di pagi hari, kamu wajib mengisi bahan bakar dengan sarapan. Melewatkannya? Kamu akan merasa lesu! Sarapan itu seperti api dalam tubuh yang membantu mendorong metabolisme kamu lho. Never skip breakfast!

 

Makan junk food

Makanan sarat gula dan karbohidrat sederhana ditemukan dalam junk food. Junk food juga berada dalam peringkat tinggi makanan pada indeks glikemik, yaitu indikator yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat dalam makanan yang berefek pada kadar glukosa darah. Lonjakan gula darah ini yang akan menyebabkan kelelahan.

 

Kafein

Kafein memang baik untuk tubuh kamu, namun bila dikonsumsi dengan tidak bijak, akan mengganggu siklus tidur kamu. Kafein memblokir adenosine, yaitu sel aktif yang mendorong kamu untuk tidur. Mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur kamu sehingga membuat kamu mudah lelah. Maka dari itu, jadilah peminum kopi yang bijak ya.

 

Tidur larut malam saat akhir pekan

Menghabiskan seluruh energi pada Sabtu malam dan kemudian tidur berlebih di hari Minggu akan membuat kamu sulit tidur malamnya. Akibatnya pada Senin pagi ketika kamu harus kembali beraktivitas, tubuh kamu akan sulit beradaptasi. Tipsnya, di hari Minggu cobalah untuk bangun dekat dengan waktu bangun normal kamu di hari Senin atau kamu cukup tidur siang selama 20 menit untuk memungkinkan tubuh mengisi ulang tanpa memasuki tahap tidur terlalu pulas, yang dapat menyebabkan kamu bangun lebih lelah.

 

Ingin stamina kamu kembali? Kurangi atau bahkan hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas ya.