Pilihan Buah untuk Sahur dan Berbuka

Untuk menjaga agar stamina tubuh tetap bugar selama Ramadhan, kita sebaiknya memelihara asupan nutrisi, vitamin, dan mineral yang diperlukan setiap harinya. Kebutuhan tersebut dapat dilengkapi dan diperoleh dari buah-buahan.

Selama 13 jam menjalani puasa, tubuh tidak mendapat asupan nutrisi namun tetap beraktivitas. Buah-buahan mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh ketika menjalani puasa. Jadi, sebaiknya kita menyertakan buah-buahan dalam daftar menu sahur dan berbuka.

Berikut buah-buah pilihan yang baik dikonsumsi selama Ramadhan:

  1. Kurma
    Kurma adalah buah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai menu utama atau pendamping sahur dan berbuka. Kurma adalah sumber energi, gula, dan serat yang sangat baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.
    Ketika kita mengonsumsi kurma saat berbuka, penyerapan gula kurma di dalam tubuh cukup cepat sekitar 45-60 menit, dibandingkan nasi yang memerlukan waktu berjam-jam. Itulah sebabnya kurma merupakan makanan yang sangat baik untuk berbuka puasa karena dapat menambah energi dengan cepat.
    Kurma juga mempunyai khasiat memperkuat dan menjaga sistem immune/kekebalan tubuh dan sering dijadikan obat untuk demam berdarah karena terbukti menaikkan trombosit dalam darah.
  1. Blewah
    Blewah memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kerja kalium memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh.
    Seperti kurma, blewah juga kaya akan sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 13 jam tidak mengonsumsi air.
  1. Pepaya
    Pepaya terkenal akan manfaatnya untuk pencernaan karena mengandung banyak serat yang membantu agar saluran pencernaan tetap lancar.Selain itu,pepaya kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Mineral yang terkandung dalam papaya antara lain kalium, kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium.
  1. Pisang
    Pisang kaya akan karbohidrat yang tersusun dalam zat pati dan zat gula. Kedua zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk cepat menggantikan energy saat berbuka. Kandungan vitamin A, B1, B2,dan C dalam pisang bisa membantu mengurangi asam lambung. Karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, pisang sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka.
  1. Mangga
    Mangga banyak mengandung vitamin A, E,dan C yang bisamembantu membersihkan darah. Untuk orang yang sedang berpuasa, minum jus buah mangga dapat mengatasi dehidrasi. Dengan sumber nutrisi yang sama seperti kurma dan blewah, mangga menjadi penghasil energi yang dapat segera digunakan olehtubuh.
  1. Jeruk
    Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 70mg vitamin C. Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, mencegah panas dalam, sakit tenggorokan, sariawan, dan bibir pecah-pecah. Minum jus jeruk adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang berpuasa. Jus jeruk segar merupakan sumber nutrisi bermanfaat seperti mineral, vitamin, flavonoid dan nutrisi nabati.