20 Aktivitas Pengasah Otak

Otak adalah pusat dari segala perintah dalam tubuh. Semua yang kamu lakukan, dari hal rumit hingga sederhana tergantung dari kerja otak. Kerusakan pada otak akan sangat mempengaruhi fungsi kontrol seluruh tubuh. Maka dari itu, otak perlu diasah agar kemampuannya tidak terkikis. 


Banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mempertajam otak. Ini beberapa yang bisa kamu ikuti:

1. Berdansa tidak hanya mengaktifkan otak kecil, yaitu bagian yang berfungsi untuk berpikir dan menerka, tapi juga memproduksi protein yang membantu sel saraf berkomunikasi dengan efektif.

2. Kalau kamu tidak kidal, coba gunakan tangan kiri dan lakukan aktivitas seperti menyikat gigi. Mengaktifkan area otak yang tidak biasa dipakai untuk beraktivitas akan meningkatkan kemampuannya lho.

3. Suka main game? Kamu pasti senang dengar kabar ini. Ada studi yang mengatakan bermain video game seperti Super Mario dapat meningkatkan volume otak bagian hippocampus dan prefrontal yang bertanggung jawab untuk pembentukan memori, perencanaan strategis, kontrol otot, dan navigasi spasial.

4. Menggunakan peripheral vision yaitu melihat dengan sudut mata akan merangsang saraf dan spasial otak, yang dapat menurun kemampuannya sejalan dengan usia.

5. Meditasi dapat mengurangi hormon stress kortisol, yang menyerang memori.

6. Dengarkan lagu favorit kamu. Musik menurunkan hormon stress yang menghambat memori dan meningkatkan konsentrasi.

7. Belajar bahasa asing melatih bagian verbal dan memori otak. Orang-orang yang berbicara lebih dari satu bahasa dengan lancar memiliki memori lebih baik dan lebih kreatif secara kognitif.

8. Jangan marah! Stress yang diakibatkan oleh amarah dapat mengecilkan pusat memori dalam otak.

9. Studi mengatakan ketika kamu kurang tidur, tubuh tidak memiliki waktu untuk membangun protein penting yang dapat meningkatkan kerja otak. Jadi, ingat untuk istirahat yang cukup ya.

10. Berolahraga dan menjalankan hidup aktif akan terus menjaga kinerja otak tetap berjalan dengan baik.

11. Perhatikan sekitar. Seberapa terang kamar kamu? Seperti apa aromanya? Berapa warna yang bisa kamu sebutkan yang ada di halaman? Melatih semua indera kamu sehari-hari akan menjaga fungsinya dengan baik dan mempertajam sensitivitas.

12. Dengarkan temanmu ketika mereka bercerita. Bayangkan gambar mental dari ceritanya. Melakukan ini akan mengaktifkan beberapa area otak dan mendorong pembentukan memori.

13. Tinggalkan zona aman kamu. Kalau kamu suka angka, coba belajar menggambar. Kalau kamu suka bahasa, coba teka-teki logika. Belajar hal baru akan membentuk koneksi saraf baru dan membuat otak tetap muda.

14. Konsumsi makanan mengandung asam folat yang membantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan memori. Tidak hanya sangat menyegarkan, jeruk adalah salah satu buah yang mengandung asam folat tertinggi. Kalau tidak sempat makan jeruk, cari minuman pengganti yang memenuhi kualitas rasa dan kesegaran jeruk asli.

15. Gunakan konsep warna untuk mempertajam fungsi visual otak. Misalnya, pakai highlighter di dalam catatan kamu. Ini juga akan melatih memori sehingga kamu akan lebih mudah ingat.

16. Mengajari orang lain terbukti membantu meningkatkan pemahaman dan ingatan akan konsep yang diajarkan. Kamu akan selalu ingat pelajarannya juga, lho.

17. Bermain brain teaser dan board game seperti teka-teki silang, catur, scrabble, monopoli akan meningkatkan kreativitas dan kemampuan berstrategi.

18. Menulis membantu melancarkan aliran darah beroksigen ke bagian otak yang berperan menyimpan memori. Kamu akan jadi mudah ingat dalam menghafal informasi.

19. Debat sehat memperkuat kemampuan otak untuk berpikir cepat dan meningkatkan intelijen secara verbal.

20. Bertanya akan memprovokasi pikiran dan ide-ide baru. Kamu jadi tertantang untuk beropini dan mencerna informasi baru.

Ingin awet muda? Yuk mulai melatih otak!