Ingin Luka Cepat Sembuh? Perbanyak Vitamin C

Vitamin C adalah satu dari banyak antioksidan seperti beta-karoten, lutein, lycopene, selenium, dan lain lain. Antioksidan adalah nutrisi yang menangkal kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan radikal bebas sendiri yaitu molekul-molekul reaktif yang tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Vitamin C, atau dikenal juga sebagai asam askorbat, diperlukan untuk menjaga struktur kolagen yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulangrawan, dan jaringan lain ditubuh kita.

Malformasi jaringan kulit dari bekas luka atau pemulihan yang terlalu lama setelah operasi dapat dihindari dengan mengonsumsi vitamin C. Saat terluka, vitamin C dalam tubuh ternyata dapat menurun secara drastis. Dalam studi di sebuah ruma hsakit, vitamin C pada pasien yang terluka secara kritis berada dalam level yang sangat rendah. Ketika pasien tersebut diberitambahan vitamin C barulah keadaannya mulai membaik.

Tanpa tambahan suplemen vitamin C, pembentukan jaringan pengikat pengganti baru antara sel-selakan terhambat dan jaringan baru yang dibentuk untuk menutup luka nantinya bisa menjadi rapuh, rusak, atau hilang sama sekali.

Mayoritas jaringan ikat kolagen ini, yang terdiri dari asam amino lisin, prolin, danglisin berkumpul di dalam tali dan lembar molekul. Struktur kolagen inilah yang harus diperbaiki dan dibangun kembali ketika tubu hterluka. Enzim penting inilah yang nanti akan memperbaiki struktur kolagen. Dan itu tidak akan terjadi tanpa bantuan vitamin C.

Wah, ternyata vitamin C bisa berfungsi sepenting itu ya? Oleh karena itu, langkah sederhana seperti menambah asupannya akan sangat membantu dalam memperbaiki luka, patah tulang, dan jaringan yang rusak tanpa resiko.

Tidak ada efek samping yang serius akibat terlalu banyak vitamin C, karena tubuh tidak dapat menyimpan vitamin itu. Tapi sebaiknya, konsumsi lebih besar dari 2.000 mg/ hari tidak dianjurkan karena dosis tinggi tersebut bisa menyebabkan sakit perut dan diare.

Tubuh kita tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri dan tidak bisa juga menyimpannya. Jadi, sangat penting untuk mengikut sertakan makanan dan minuman yang mengandung vitamin C dalam menu sehari-harikamu.